#Jurnal1 - Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis
Mata kuliah : Softskill
Pemodelan Desain Grafik
Nama : M Haikal
Anatama
NPM : 54415624
Kelas : 3IA22
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Desain Pemodelan Grafis merupakan suatu proses penciptaan suatu
obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni
membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Dalam pembuatan desain
pemodelan grafis, Kebudayaan dan Teknologi pun sangat ber pengaruh. Budaya
yang digunakan sebagai sumber pemikirnan utnuk mengembangkan suatu desain
grafis. Banyak budaya kita yang menarik digunakan sebagai desain grafis,
sebagai contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik dan masih banyak lainnya.
Sedangkan Teknologi diperlukan karena semakin mudah bagi kita untuk
menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang cepat dan kita pun bisa
menghasilakn banyak sedali desain grafis sehingga lebih mengefisienkan
segalanya.
Kaitan antara Desain Pemodelan Grafis dan Grafik Komputer:
1. Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek-
objek 2D dan 3D.
2. Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang
telah dibentuk.
3. Animasi yaitu menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior
objek bergantung waktu.
4. Kerangka Grafik Komputer.
5. Graphic library/package (contoh:Open GL) adalah perantara aplikasi
dan display hardware
(Graphic System.
Bidang Studi yang berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafis
1. Teknik Elektronika
lmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk
desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya
dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik
Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat
lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik
elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem
interaksi mausia-komputer.
2. Psikologi
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal
untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem
manusia-komputer.
3. Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari
pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan
pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan
layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan
mesin.
4. Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan
dari berbagai jenis bahasa,apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu
bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu
bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti
halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu
komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog
manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon,
1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi
jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
5. Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi
dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
6. Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari
interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi
yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan
yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer,
sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
7. Desain grafis dan tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah
peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai
pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini
belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan
grafik yang diunggulkan.
Manfaat Desain Pemodelan Grafis dalam berbagai Bidang:
1. Bidang Pendidikan
Tentunya dalam bidang yang satu ini kegunaan Desain
Pemodelan Grafis sangat berguna. Grafik komputer pada pendidikan digunakan
untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power
point ataupun software lainnya. Dengan penggunaan bentuk objek ini
diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah
diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan
simulasinya.
2. Bidang Hiburan
Dalam bidang yang satu ini penggunaan Desain Pemodelan
Grafis sangat berguna misal saja pada setiap acara televisi, sekarang ini sudah
hampir semuanya menggunakkan desain grafis. Mulai dari iklan, ftv, sampai film
sekalipun supaya jauh lebih menarik.
3. Bidang Budaya
Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, dalam bidang
budaya ini kita dapat melihat desain grafik dari penggambaran orang orang zaman
dahulu seperti pahatan pada candi, relief, batu dll. Hal ini menyebabkan
bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai penggambaran
sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.
4. Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk
membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan
untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan
lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan
berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan
dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model
yang sama seperti aslinya.
5. Bidang Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan
teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang
diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat
secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain.
Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
Kesimpulan:
Berdasarkan penjelasan diatas, Pendapat Saya sendiri adalah hal
ini tidak dapat dihindari dalam kehidupan ini, Karena seiring dengan
perkembangan teknologi yang berjalan sesuai dengan prinsip dan kemajuan ilmu
pengetahuan. Setiap Inovasi memberikan banyak manfaat bagi manusia. Dan juga
perkembangan teknologi dapat memudahkan berbagai macam jenis perkerjaan
manusia, terutama dalam hal pembuatan grafis yang dapat memudahkan manusia
untuk menggambarkan suatu hal dan juga dapat menjadikan sesuatu yang dapat
menghibur manusia (film animasi contohnya, dan lain-lain).
http://ibnu-aufar.blogspot.co.id/2012/06/jurnal-pengaruh-social-budaya-terhadap.html
http://www.academia.edu/19931189/Jurnal_Design
http://legaiabay.blogspot.co.id/2015/11/tugas-pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi.htm
Komentar
Posting Komentar