Pengertian Desain Pemodelan Grafik
A. Apa itu Desain Pemodelan Grafik?

Desain pemodelan
grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek dengan menggunakan
software dan melalui beberapa tahapan yakni membua, menyimpan dan memanipulasi
model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata yakni,
Desain, Pemodelan dan Grafik dan jika di uraikan masing - masing dari setiap
arti suku kata tersebut memiliki perngertian sebagai berikut :
Desain
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pecapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.
Pemodelan
Pemoodelan adalag pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang . Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek, Proses pemodelan ini memerlukan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Grafik
Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan melakukan proses percetakan
Desain Grafik
Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pecapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.
Pemodelan
Pemoodelan adalag pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang . Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek, Proses pemodelan ini memerlukan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Grafik
Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan melakukan proses percetakan
Desain Grafik
Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
B.
Perkembangan desain grafis di
berbagai Media
Pada Awalnya media desain grafis hanya terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi). Namun perkembangannya semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia (daintaranya audio dan video). Desain grafik juga diterapkan dalam media elektronik yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multi media . Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafik bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mecakup pengolahan ruang.
C. Pengaruh kebudayaan dan
teknologi dalam membuat desain grafis
Keberadaan
desain pemodelan grafik sangatlah dipengaruhi oleh budaya dan teknologi
berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah ide, banyak sekali ide yang
dihasilkan untuk desain grafik berasal dari budaya yang ada dilingkungan
sekitar. Tak sedikit pula budaya Indonesia digunakan sebagai desain grafik.
Contohnya adalah kerajinan kain daerah seperti batik dan tenun, keramik,
gerabah dan masih banyak yang lainnya.
Kerajinan
tradisional daerah merupkan warisan turun-temurun dari nenek moyang yang sangat
indah untuk djadikan sumber pemikiran kreatif dalam melakukan pembuatan desain
grafik. Dengan berkembangnya teknologi ini, maka semakin mudah bagi generasi
muda saati ini untuk menciptakan karya desai grafis dengan waktu yang relatif
singkat dan banyak desain yang akan dihasilkan sehingga akan lebih efisien
dalam waktu dan segalanya.
Pengaruh
lain dari budaya dan teknologi dalam desain pemodelan garfis adalah periklanan.
Pemilih iklan harus mengetahui peran yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan
kelas social pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan
perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi,
keinginan san perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari
keluarga dan lembaga penting lainnya.
D. Desain
pemodelan grafis dari segi Interaksi Manusia & Komputer
Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan. Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa keahlian ilmumanusia.
Suatu alternatif yang lebih
realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan tingkat pemahaman
menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin dikombinasikan
dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat kesadaran dari
ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan komputer, yang
secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem sebagai bagian
dari sistem proses desain secara menyeluruh.
Interaksi komputer dengan manusia atau dengan bahasa inggris dikenal
dengan "Human--computer Interaction/HCI", merupakan ilmu yang
mempelajari hubungan antara komputer dengan manusia yang meliputi rancangan,
evaluasi dan juga implementasi antar muka pengguna komputer agar mudah di
gunakan oleh manusia.
Ilmu ini berusaha untuk menemukan cara yang paling efektif untuk dapat
merancang pesan secara elektronik, sedangkan interaksi manusia dan komputer
sendiri merupakan serangkaian proses, diaog dan kegiatan yang dilakukan oleh
manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan
masukan dan umpan balik melewati sebuah antar muka untuk mendapatkan hasil
akhir yang diharapkan.
Ilmu-ilmu yang berkaitan dengan IMK (Interaksi
Manusia & Komputer)
- Teknik elektronika & ilmu komputer =memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
- Psikologi
Memahami
sifat dan kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, keterampilan motorik
pengguna
- Perancangan grafis dan tipografi
Sebuah gambar
dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana
dialog cukup efektif antara manusia & komputer.
- Ergonomik
Berhubungan dengan aspek
fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Misalnya : Bentuk meja
dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan
lampu , kebersihan tempat kerja.
- Antropologi
Ilmu pengetahuan tentang
manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing -
masing anggotanya dapat memberikan kontribusi sesuai dengan bidangnya.
- Lunguistik
Merupakan cabang ilmu yang
memperlajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana
komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus. Misal : Bahasa Grafis,
bahasa alami, bahasa menu dan bahasa perintah
- Sosiologi
Studi tentang pengaruh sistem manusia -
komputer dalam struktur sosial. Misal adanya PHK karena adanya
otomasi kantor.
Referensi
:
Mata
Kuliah : Desain Pemodelan Grafis
Nama
: M Haikal Anatama
NPM
: 54415624
Kelas
: 3IA22
Nama Dosen : Ibu Syefani Rahma Deski
Nama Dosen : Ibu Syefani Rahma Deski
Komentar
Posting Komentar